Social Networking adalah sebutan lain terhadap website
community.
Social Networking adalah tempat untuk para netter
berkolaborasi dengan netter lainnya.
Social Networking adalah kegiatan menjalin hubungan
dengan orang lain melalui social media sites / situs jejaring sosial yang ada
di internet. Bisa diakses di mana saja, kapan saja dan oleh siapa saja. Dan
tidak jarang juga, orang-orang yang “maenan” situs semacam ini dibilang
melakukan kegiatan yang ngga mutu. Padahal status update pun memiliki potensi
dengan dampak yang luas. Sayangnya, terlalu sering sebuah buku dinilai hanya
dari sampulnya.
Membuka lembaran pertama – Keinginan untuk Social Networking lahir dari
kebutuhan dasar manusia.
Manusia pada dasarnya memang sudah terkonfigurasi
secara biologis untuk bersosialisasi. Kita semua ingin untuk bertatap muka
dengan orang lain (kita bahkan memiliki kelebihan bawaan dari lahir untuk
melakukan facial recognition!), berbagi satu sama lain, merasa terkoneksi, dan
aspek-aspek lainnya dari kehidupan sosial.
Dulunya sangat susah bagi kita untuk bisa bertemu
dengan banyak orang. Palingan pakai surat atau telegram. Kemudian datanglah
telepon dan kemudian handphone yang mengakibatkan dompet kurus kering. Di satu
sisi, memang tagihan pulsa yang ngga karuan adalah hal yang buruk, tetapi bila
dilihat di sisi yang lain, ini adalah bukti nyata kebutuhan dasar sebagai
manusia untuk berhubungan dengan orang lain.
Dan datanglah era internet dengan bentuk dasar
yang tidak menghiraukan batasanapapun.
Semua orang dapat terkoneksi di atas satu medium. Siapapun dapat mengakses
situs apapun. Dan karenanya, saat sebuah situs jejaring sosial dimana
orang-orang berkumpul disediakan, banyak orang secara alami tertarik untuk
datang ke sana.
Lembaran
kedua – Kekuatan Social Networking ada pada motivasi setiap penggunanya
Ketik, ketik, ketik, tekan tombol share. Semudah itu
kita memberikan akses untuk ratusan bahkan ribuan orang untuk bisa masuk ke
sepenggal dari pikiran kita. Berbagi di social media itu pada hakikatnya sama
seperti mengirim sms ke ratusan orang atau yang disebut juga dengan
broadcasting. Dan poin yang paling crucial di sini adalah, orang-orang yang
bisa melihat apa yang kita share adalah orang-orang yang memang sudah dari
awalnya ada niat untuk berhubungan dengan kita!.
Bandingkan dengan usaha broadcasting konvensional
seperti radio dan tv. Orang-orang yang melihat/mendengar iklan yang diputar
memang luar biasa banyaknya. Tapi pertanyaannya, berapakah dari segitu
banyaknya orang yang sebenarnya berminat? Dan kalaupun ada minat, sebenarnya
minatnya untuk apa? Untuk sinetron yang sedang diputar, atau untuk iklan-iklan
selingannya?
Bayangkan pengaruhnya untuk bisnis kamu jika kamu
menyampaikan, dengan cara yang benar, sebuah referral kepada orang-orang di
friendlist kamu? Menurut kamu, seberapa tinggi kemungkinan mereka menyimak?
Seberapa tinggi kemungkinan mereka untuk click-through dan take action?
Orang sangat suka berbagi. Ada yang memang sifatnya
suka memberi dan membagikan, dan ada juga yang melakukannya karena mereka bisa
merasa diapresiasi atas informasi yang mereka berikan.
Itu sangat alamiah secara psikologis. Apresiasi yang
diberikan, secara tidak langsung, mengangkat derajat dan reputasi mereka di
dunia tersebut. Mungkin ini sedikit terkesan aneh, tetapi uang bukanlah
segalanya di dunia internet. Atensi dan reputasi adalah sesuatu yang tidak
kalah berharga dan hal ini juga diakui oleh search engine di dalam algoritmanya yang
memfaktorkan popularitas
sebuah website (Google: PR).
Dan yang sangat mencengangkan adalah, seberapa
cepatnya informasi yang kamu bagikan bisa menyebar. Thanks to fitur-fitur
yang disediakan oleh situs-situs jejaring sosial -ReTweet untuk Twitter, Share
untuk Facebook, dan Social Bookmarking- informasi bisa menyebar luas ke satu
dunia dalam hitungan menit. Masih ingat kejadian bom di JW Mariott kemarin?
Salah satu jurnalis di blog Mashable (basis di Amerika) sudah meliput tweet orang
yang berada di lokasi kejadian dalam hitungan (4) jam.
Kemudahan penyebaran dari fitur-fitur yang disediakan
ditambah dengan sifat berbagi dan keinginan untuk mendapatkan reputasi adalah
turbin penggerak utama dari tenaga Social Networking. Ini bukan main-main,
fellas. Ini nyata dan kamu beserta bisnis kamu bisa terjerat (baik dengan makna
positif maupun negatif) di dalamnya mulai hari ini juga.
Kata penutup – Motivasi dasar dari Social Networking adalah membangun
hubungan
Fokuskan campaign sosial untuk membina relasi dengan
orang lain.
“… Facebook bukanlah alat untuk berjualan, tapi alat
untuk melakukan percakapan.”
Ungkapan di atas benar adanya. Prita Pitra
menyebutkan Facebook, tetapi sebenarnya quote di atas juga berlaku untuk semua
social media pada umumnya; entah, twitter, youtube, facebook, digg, dan
lain-lain. Pastikan motivasi kamu selaras dengan motivasi yang menggerakan
social networking secara keseluruhan, yaitu untuk membangun hubungan yang baik
dengan orang lain. dan bukan untuk mencari uang!
Jangan terlibat di dalam social networking
dengan motif finansial. Pendapatan akan datang dengan sendirinya jika kamu
disukai oleh orang-orang walaupun bukan secara langsung ataupun dalam bentuk
moneter. Ingat bahwa mata uang yang berlaku di internet bukan cuma Rp, USD,
EUR, dan sebagainya; popularitas, atensi dan reputasi adalah penggerak utama
situs-situs jejaring sosial. Selalu hormati prinsip di atas dan taati etika dan
norma yang berlaku di setiap komunitas dan kamu pun akan menuai untungnya.
Berikut adalah 10
Situs Social Networking yang mungkin bisa berguna bagi anda :
MySpace adalah situs
jaringan sosial populer yang menawarkan jaringan antar teman, profil pribadi,
blog, grup, foto, musik dan video untuk remaja dan dewasa di seluruh dunia.
FacebooK Adalah Sebuah
Website Yang bertemakan social networking (Pencari Teman di Dunia Maya).
Facebook merupakan situs web jaringan sosial yang diluncurkan pada 4 Februari 2004 dan didirikan oleh Mark Zuckerberg.
Facebook merupakan situs web jaringan sosial yang diluncurkan pada 4 Februari 2004 dan didirikan oleh Mark Zuckerberg.
Windows Live Spaces
adalah platform blogging Microsoft. Windows Live Spaces merupakan sebuah situs
blog dan social networking berbasis teknologi Live.com yang menggantikan MSN
Spaces.
Friendster adalah
adalah sebuah situs web jaringan sosial di mana seorang pengguna akan membuat
identitas maya dan kemudian mengisi data dirinya untuk kemudian mendapatkan
account di Friendster.
Dalam Friendster, kita juga dapat melihat teman dari teman kita dan teman dari teman dari teman kita, selain melihat teman kita sendiri.
Dalam Friendster, kita juga dapat melihat teman dari teman kita dan teman dari teman dari teman kita, selain melihat teman kita sendiri.
Hi5 adalah salah satu
situs yang menyediakan layanan jaringan sosial (social networking).
hi5 adalah situs jaringan sosial paling umum di Amerika Latin.
hi5 adalah situs jaringan sosial paling umum di Amerika Latin.
Flickr adalah salah
satu situs image sharing populer, saat ini sudah digunakan oleh ratusan ribu
pengguna dan trafik yang sudah sangat banyak. Flickr merupakan situs web untuk
berbagi foto dan situs komunitas online. Sebagai situs web yang populer untuk
berbagi foto pribadi, layanan ini dimanfaatkan oleh banyak blogger sebagai
tempat penyimpanan foto.
Orkut adalah website
komunitas dari Google. Dengan Orkut , kita dapat sharing photo, kirim pesan,
testimoni, sharing dan upload video, berdiskusi, berinteraksi dan lainnya.
Flickr adalah salah
satu situs video sharing populer. Anda bisa sharing review-review film dan juga
ikut memberi rating. Flixster ini juga memiliki database yang berhubungan
dengan informasi film yang besar.
Multiply adalah sebuah
situs jaringan sosial dengan fitur yang memungkinkan orang untuk saling-berbagi
beberapa media, seperti foto, video, maupun blog.
Netlog
adalah salah satu situs yang menyediakan layanan jaringan sosial (social
networking).
Netlog adalah situs jaringan sosial yang sangat populer di Eropa.
Netlog adalah situs jaringan sosial yang sangat populer di Eropa.
Pinterest adalah jejaring sosial yang bertindak seperti
papan pengumuman online (online pin board).
Di papan pengumuman ini, kita mengepin artikel dan foto menarik yang kita suka
dari berbagai belahan web. Papan pengumuman ini, disebut pinboard, bisa
ditemakan dengan kategori tertentu agar mudah ditata dan diperhatikan oleh
pengguna lain. Kita bisa mengikuti pinboard milik pengguna lain yang sesuai
dengan minat kita.
Situs pinterest adalah situs yang masih baru. Ia diluncurkan
pada Maret 2009 dan mulai populer 2011 silam. Jika kita mengunjungi halaman
depan pinterest, kita langsung berhadapan dengan beberapa pin berisi artikel
dan foto menarik. Sayangnya untuk bisa menikmati fitur pinterest lebih luas
kita harus mendapatkan undangan terlebih dahulu. Pinterest belum mengizinkan
pengguna umum untuk mencicipi dalaman situsnya. Pada Januari 2012,
Pinterest memiliki 11 juta pengunjung unik tiap bulannya.
Bebo adalah jejaring sosial yang didirikan pada 2005 oleh Michael Birch dan Xochi
Birch. Kepanjangan dari nama situs ini adalah Blog
Early, Blog Often. Pada situs ini
pengguna dapat mengepos artikel, foto, video, atau kuisioner selayaknya sebuah
weblog kemudian pengguna lain dapat memberikan respons jawaban atas pos
tersebut.
Pada tahun 2008, bebo dibeli oleh AOL seharga $850 juta. Pembelian
ini disebut BBC sebagai pembelian terburuk sepanjang sejarah dot com “one of the worst deals ever made in the dotcom
era“. Hal ini disebabkan oleh kepopuleran bebo yang cenderung
merosot, platform yang tidak stabil, dan krisis finansial.
Tercatat lebih dari 100 juta pengguna terdaftar pada bebo.
Pada puncak kejayaannya, bebo menjadi situs jejaring sosial paling populer di
Inggris melebihi Myspace. Di Irlandia, kabarnya bebo bahkan lebih populer
dibanding situs pencarian Google.
Sina Weibo (secara literal diartikan Sina Blogging Mikro)
adalah situs blogging mikro populer di China. Ia disebut sebagai perpaduan
Facebook dan Twitter. Sebanyak 30% dari pengguna internet di China mengunjungi
situs ini. Sampai Februari 2012, tercapat 300 juta pengguna dalam situs ini.
Dan masih Banyak LagIiii yang akan muncul di dunia maya gan :)
No comments:
Post a Comment