BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang
Pembelajaran adalah suatu proses
interaksi yang kompleks dan mengandung unsur pendidikan. Proses pembelajaran
terjadi karena adanya interasi antara siswa dengan guru, siswa dengan
lingkungan, dan siswa dengan sesamanya serta siswa dengan berbagai sarana yang
ada. Dari berbagai interaksi tersebut, diharapkan akan terjadi perubahan tingah
laku ( pengetahuan, keterampilan dan sikap ) yang disebut hasil belajar. Dengan demikian proses
pembelajaran akan berjalan dengan baik dan memperoleh hasil yang maksimal
apabila dilakukan dengan model instruksional
dan penyampaian ( media informasi pendidikan ) yang tepat.
Adobe
Flash CS3 adalah aplikasi yang sangat powerful untuk Design animasi berbasis Vector,
sebenarnya Adobe Flash CS3 adalah generasi kelanjutan dari macromedia Flash 8
yang dikenal sebagai Software animasi handal dengan menggunakan motion
multi-frame.
Pada TK Islam Izzatul, Pelajaran
Pengenalan huruf
alfabeth dan huruf Hijaiyah masih di sampaikan dengan membaca di papan tulis. Metode
yang seringkali dilakukan oleh guru adalah metode ceramah. Padahal pelajaran Pengenalan huruf
Alphabeth dan huruf
Hijaiyah sangat penting bagi anak-anak TK. Dan untuk menambah wawasan dalam
mengenal huruf dan membaca. meskipun setiap anak-anak sudah memiliki buku
panduan masing-masing namun para anak-anak tetap sulit untuk memahami bila
tanpa panduan dari gurunya lagi.
Akibat dari penggunaan metode dan
media yang kurang optimal tersebut diduga berdampak terhadap hasil belajar yang
diperoleh anak-anak. Hal ini ditunjukkan dari rendahnya pencapaian penguasaan pengenalan huruf khususnya
pada pelajaran pengenalan huruf
Alfabeth dan huruf Hijaiyah. Berdasarkan hasil evaluasi tiap semester anak-anak
TK Islam Izzatul tahun ajaran 2012/2013 diketahui bahwa rata-rata nilai
evaluasi hanya sekedar cukup. Dan anak-anak yang di bawah rata-rata lebih
memilih mengikuti Belajar Tambahan.
Dengan rendahnya pemahaman anak-anak dalam Pengenalan huruf Alfabeth dan huruf
Hijaiyah di atas perlu ditingkatan. Untuk mewujudkan peningkatan tersebut perlu
adanya inovasi dalam proses pembelajaran
yang dilakukan, khususnya pengenalan huruf
Alfabeth dan huruf Hijaiyah yaitu dengan menggunakan animasi multimedia. Pengenalan huruf Alfabeth dan huruf
Hijaiyah ini mampu membantu meningkatkan mutu pengetahuan anak-anak menjadi
lebih baik dan mudah untuk di ajarkan serta mudah dimengeti oleh guru maupun
anak-anak.
Oleh karena itu penulis tertarik
untuk mengadakan penelitian mengenai penguasaan materi pengenalan huruf Alfabeth dan
huruf Hijaiyah, untuk mengetahui pengaruhnya para anak-anak terhadap pengusaan
pengenalan huruf tersebut. Maka dari itu, dengan Tugas Akhir yang berjudul Media
Pembelajaran Pengenalan
Huruf Alfabeth dan Huruf Hijaiyah Untuk anak-anak TK Islam Izzatul Kota Jambi Menggunakan Adobe Flash CS3. Ini
mampu membantu meningkatkan mutu pengetahuan anak-anak menjadi lebih baik dan
mudah untuk di ajarkan serta mudah dimengeti oleh guru maupun anak-anak.
1.2
Rumusan
Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan
diatas, maka permasalahan dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut :
Bagaimanakah membangun suatu
aplikasi media pembelajaran pengenalan huruf Alfabeth dan huruf Hijaiyah, guna
untuk meningkatkan minat belajar para anak-anak serta meningkatkan mutu dan kualiitas anak-anak TK Islam Izzatul
Kota Jambi.
1.3
Batasan
Masalah
Agar penulis Tugas Akhir ini nantinya tidak keluar dari masalah yang
telah dirumuskan maka permasalahannya dibatasi sebagai berikut:
1. Materi
yang dipelajari dalam Media Pembelajaran Pengenalan Huruf Alfabeth dan
Huruf Hijaiyah Untuk anak-anak TK Islam Izzatul yaitu fungsi dan keterangannya.
2. Aplikasi
yang digunakan adalah Adobe Flash
CS3 Profesional, dan Photoshop CS3.
1.4
Tujuan
Penelitian
Tujuan yang
ingin di dapat dari pembuatan aplikasi ini adalah sebagai berikut:
1. Membangun
aplikasi media pembelajaran
untuk membantu guru agar lebih mudah dalam penyampaiannya menggunakan Adobe Flash CS3 Profesional, dan Photoshop
CS3.
2.
Dengan adanya aplikasi ini diharapkan
dapat membantu meningkatkan minat belajar dan meningkatkan kualitas anak-anak agar
menjadi lebih baik.
1.5
Manfaat
Penelitian
Hasil penelitian ini diharapkan
dapat bermanfaat untuk :
1. Anak-anak
murid, yaitu mendapat pengalaman belajar yang berbeda dalam pembelajaran materi
pelajaran pengenalan huruf alfabeth dan huruf Hijaiyah.
2. Guru,
yaitu mendapatkan wawasan tentang penggunaan kombinasi animasi multimedia dan
pembelajaran sebagai alternatif pembelajaran dalam usaha mengoptimalkan
penguasaan materi sistem pengenalan
huruf
Alfabeth dan huruf Hijaiyah
3. Peneliti,
yaitu mendapat pengalaman dalam pembuatan aplikasi ini serta untuk menjalin
hubungan personal terhadap sekolah tersebut. Dan diharapkan hubungan tersebut
dapat bermanfaat baik bagi peneliti untuk kedepannya.
4. Sekolah,
yaitu sebagai masukan untuk mengoptimalkan penggunaan kombinasi multimedia
dalam kegiatan pembelajaran di sekolah pada khususnya dan mutu pendidikan pada
umumnya.
1.6
Metode
Penelitian
Langkah-langkah dalam penelitian ini adalah :
1.6.1
Pengamatan
(Observasi)
Penulis
akan mendapatkan dokumen-dokumen yang berupa data yang dibutuhkan dalam pembuatan Tugas Akhir
ini pada TK Islam Izzatul yang bertempat di Jalan TP Sriwijaya Lr Sepakat 2
kecamatan Kota Baru yang akan di analisa kegiatan pengolahan datanya yang akan
dijadikan landasan pemikiran pengolahan data.
1.6.2
Wawancara
(Interview)
Penulis melakukan penelitian dengan cara mewawancarai
secara langsung pada Guru
yang mengajar di TK Islam Izzatul Kota Jambi untuk mendapatkan data
penelitian yang akan dijadikan bahan untuk membuat program tersebut.
1.7
Sistematika
Penulisan
Sistem Penulisan ini memberikan
gambaran umum tentang apa yang penulis bahas dalam setiap bab dari proposal Tugas Akhir ini. Adapun
sistematika penulisan tugas tugas
akhir
ini adalah sebagai berikut :
BAB I :
PENDAHULUAN
Pada bagian ini dibahas mengenai latar
belakang masalah, perumusan masalah, batasan masalah, tujuan masalah, metode
penelitian, manfaat penelitian serta cara penulisan.
BAB
II : LANDASAN TEORI
Pada bagian ini dibahas mengenai landasan
teori dari penulis laporan ini yaitu sekilas media pembelajaran alat bantu ajar,
aplikasi Adobe Flash CS3 Profesional.
BAB
III : ANALISA KEBUTUHAN
Pada bagian ini dibahas mengenai tahapan
pengumpulan data yang dilakukan, metode analisa yang digunakan dan tools yang
digunakan dalam pembuatan aplikasi media pembelajaran.
BAB IV :
PERANCANGAN SISTEM
Bagian ini dibahas mengenai analisa dan
perancangan media pembelajaran, perancangan struktur data yang digunakan dan rancangan
layout/tampilan aplikasi media pembelajaran.
BAB
V : IMPLEMENTASI
Pada bagian ini dibahas mengenai pengujian
dan implementasi aplikasi media pembelajaran yang dilakukan dan analisa hasil yang
dicapai oleh aplikasi media pembelajaran.
BAB
VI : ANALISA KINERJA
Berisi
analisis tentang aplikasi yang dipakai yang berisikan pengujian sistem yang
dibangun baik pengujian secara normal serta hasil yang diperoleh.
BAB
VII : PENUTUP
Pada bab ini akan diuraikan kesimpulan
yang diambil setelah hasil dari analisa dan perancangan desain untuk
pengembangan program lebih lanjut.
No comments:
Post a Comment