RUANG LINGKUP KERJA PRAKTEK



RUANG LINGKUP KERJA PRAKTEK 
2.1GAMBARAN UMUM INSTITUSI
 I-TUTOR.NET EDUCATION 
merupakan sebuah lembaga pendidikan nonformal yang mengadopsi kurikulum negara Singapura. Sistem pembelajaran
 I-TUTOR.NET EDUCATION 
menerapkan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar pada kelas bahasa Inggris dan bahasa Mandarin pada kelas bahasaMandarin. Siswa
 I- TUTOR.NET EDUCATION 
meliputi pelajar SekolahDasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).Iuran kursus merupakan sumber financial dari setiap lembaga pendidikan nonformal, penanganan yang kurang teliti dapat menyebabkan kerugian dari segimaterial.
2.2STRUKTUR ORGANISASI INSTITUSI
6
Owner PrincipalTeacher Administrator 
 
Gambar 2.1 Struktur Organisasi
 I-TUTOR.NET EDUCATION 
http://htmlimg1.scribdassets.com/7kcv3u3i2o899d4/images/14-d97ac5e476.pnghttp://htmlimg1.scribdassets.com/7kcv3u3i2o899d4/images/14-d97ac5e476.png
 
Berikut ini penjelasan mengenai struktur organisasi institusi
 I-TUTOR.NET  EDUCATION 
:1.Owner merupakan pemilik sekaligus pendiri
 I-TUTOR.NET EDUCATION 
.2.Principal merupakan manager atau penanggung jawab lapangan
 I-TUTOR.NET EDUCATION 
sekaligus staf pengajar.3.Teacher merupakan staf pengajar yang bertanggung jawab dalam kegiatan belajar mengajar.4.Administrator merupakan staf yang mengurusi data kesiswaan .



ANALISIS KEBUTUHAN SISTEM
3.1 METODE ANALISIS
Metode analisa yang digunakan adalah metode
data structured oriented analysis.
Data akan dimodelkan dan fungsi-fungsi digambarkan melaluidiagram. Dengan metode ini akan dijabarkan analisa sistem yang sedang berjalan.
3.2 HASIL ANALISIS
3.2.1 Diagram Aliran Data (
 Data Flow Diagram / DFD
) Sistem yang SedangBerjalanDiagram Alir Data merupakan model dari sistem untuk menggambarkan pembagian sistem ke modul yang lebih kecil.3.2.1.1 Diagram Konteks SistemDiagram Konteks Sistem adalah diagram yang terdiri dari suatu proses dan menggambarkan ruang lingkup suatu sistem.8


 
BAB VIANALISIS KINERJA SISTEM
Sistem pencatatan pembayaran yang dimiliki
 I-TUTOR.NET EDUCATION 
padaawalnya berupa pencatatan pembayaran secara manual pada kertas kemudiandilanjutkan dengan pencatatan pembayaran lanjutan pada tabel yang dirancangdengan
Ms. Excel 
. User harus mencetak kertas pencatatan pembayaran jikakolom–kolom isian pada tabel tersebut telah habis.Selama berjalannya kegiatan belajar mengajar pada
 I-TUTOR.NET EDUCATION 
,tentunya terdapat siswa yang mengundurkan diri atau berhenti. Data siswa - siswayang berhenti pada suatu periode kadang kala sulit untuk dilaporkan karena jadwal kelas yang berbeda – beda dan jumlah siswanya yang mencapai 140(seratus empat puluh) orang.Berdasarkan analisis kebutuhan sistem, sistem yang dirancang dapat mengurangi pengulangan pencatatan pembayaran yang sebelumnya dilakukan sebanyak 2(dua) kali, mencatat siswa yang keluar (berhenti) sesuai dengan periode yangdiinginkan user dan mengelompokkan siswa berdasarkan keinginan user

No comments:

Post a Comment